April 30, 2024

Selama ini mungkin kebanyakan orang hanya tahu bahwa format untuk download lagu Indonesia terbaru hanya dua yaitu MP3 dn MP4. Padahal, usut punya usut terdapat banyak jenis format lainnya namun memang kurang populer meskipun dari segi kualitas unduhan relatif sama.

Penasaran apa saja jenis format tersebut dan apa saja keunggulan dan kekurangan masing-masing? Coba simak informasi lengkapnya disini.

5 Format Download Lagu Indonesia Terbaru

Buat yang sudah paham dunia software tentunya tahu lima format berikut, namun bagi yang belum kenal maka sangat tepat membaca penjelasan berikut sebelum menggunakan salah satu format tersebut.

MP3

Di dunia software dengan nama Moving Picture Expert Group (MPEG), format ini memiliki tiga later untuk melakukan kompresi audio. Sering digunakan untuk penyimpanan file music hingga jenis audiobooks pada hard drive perangkat HP maupun komputer.

Soal kualitas suara dari file MP3 sudah cukup bagus, oleh karena itulah pada awal kemunculannya di tahun 1995 sempat menjadi idola format penyimpanan file. Yang kurang menyenangkan adalah, ketika file audio sudah dikompresi maka kualitas suaranya menjadi berkurang.

MP4

Format ini masih menjadi salah satu yang favorit digunakan saat ini, karena bisa menyimpan file dan langsung dibuka kembali pada berbagai program yang mendukung format tersebut.  Bahkan tanpa harus mengunduh, Anda bisa mendengar atau menonton dari program tersebut.

FLAC

Free Lossless Audio Codec (FLAC) memiliki kualitas file audio yang lebih baik jika dibandingkan dengan format MP3. Bisa menyimpan  file audio dengan kualitas suara maksimal atau sangat sedikit kehilangan kualitas aslinya.

File yang disimpan dengan format ini, tidak dikompresi namun langsung disimpan sehingga kualitas terjaga. Ditambah pula penggunaannya tidak perlu biaya. Sayangnya, ukuran file menjadi lebih besar dan butuh memori penyimpanan lebih besar.

WAV

Kepanjangannya adalah Wave form yang merupakan sebuah format standar untuk file audio milik kolaborasi IBM dan Microsoft.  Dokumen audio yang disimpan menggunakan format ini tidak membutuhkan kompresi, kemudian kualitas suaranya juga sudah bagus untuk kaliber penyimpanan menggunakan CD.

Sayangnya, format ini tidak bisa digunakan untuk semua aplikasi download lagu Indonesia terbaru, hanya yang memanfaatkan software analog sound yang tersedia. Salah satunya adalah untuk menyimpan data suara pada Windows Sound Recorder.

WMA

Kehadiran WMA awalnya adalah untuk menjadi saingan MP3, dibuat oleh Microsoft dan file hasil kompresinya dapat dijalankan pada program sejenis Media Player pada berbagai perangkat. Kualitasnya juga akan tetap sama, sehingga akan senantiasa jernih dan jelas.

Aplikasi musik online banyak menggunakan format ini karena mendukung Digital Rights Management (DRM), sehingga bisa mengantisipasi pembajakan file musik asli.

Jadi Anda mau menggunakan format yang mana untuk download lagu Indonesia terbaru? Semuanya punya kualitas file unduhan yang bagus, bisa disimpan di media ponsel maupun perangkat komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *