Rupanya Ban Motor Juga Dapat Meledak Tiba Tiba

Hati-Hati! Inilah 3 Penyebab Ban Motor Meledak Tiba-Tiba

Pernahkah Anda mengalami pecah ban motor ketika berkendara? Hal tersebut tentu dapat membuat si pengendara panik apalagi ketika berada jauh dari tempat tambal ban. Terlebih ban motor pun terlihat baik-baik saja bahkan permukaannya masih tebal.

Rupanya Ban Motor Juga Dapat Meledak Tiba Tiba

3 Penyebab Ban Motor Meledak Tiba-Tiba

Namun rupanya terdapat berbagai penyebab ban motor dapat pecah secara tiba-tiba ketika berkendara, apa saja?

1. Pengisian Angin yang Tidak Sesuai Standar

Setiap motor pasti memiliki standar pengisian angin yang berbeda antara motor satu dengan lainnya. Jika tekanan angin yang berada di dalam ban terlalu tinggi, maka besar kemungkinan akan timbul benjolan pada ban. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan risiko pecah ban ketika berkendara.

Karena itulah pastikan Anda tidak asal-asalan ketika mengisi angin ban, sesuaikan tekanan angin dengan standar yang telah ditetapkan.

2. Ban Motor Cacat

Ban motor yang cacat juga dapat menjadi penyebab mengapa ban tiba-tiba meledak ketika berkendara. Yang dimaksud ban cacat adalah kondisi dimana ban tersebut merupakan produk gagal, bisa jadi terdapat retak maupun lubang pada bagian ban. Hal ini mungkin saja terjadi jika Anda membeli ban yang harganya jauh di bawah standar.

Untuk itulah Anda dituntut harus cermat dan teliti ketika membeli ban, pilihlah ban dengan kualitas baik dan jangan tergiur harga yang murah.

3. Ban Sudah Kadaluarsa

Layaknya makanan, rupanya ban juga memiliki masa kadaluarsa. Karena itulah Anda harus meneliti masa kadaluarsa ban sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Cara untuk dapat mengetahui apakah ban tersebut masih layak atau sudah kadaluarsa adalah dari kode produksi yang terletak pada bagian samping ban.

Kode produksi tersebut umumnya berjumlah 5 hingga 8 digit, namun ada pula yang menggunakan standar internasional yakni 4 digit. Untuk kode produksi 4 digit, 2 digit awal menunjukkan minggu pembuatan ban, sedangkan 2 digit akhir menunjukkan tahun pembuatan ban.

Hindari Melintasi Jalan Berlubang!

Agar ban motor tetap dalam kondisi baik, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghindari jalan berlubang. Benturan yang terjadi antara ban dan dinding jalan yang berlubang dapat menyebabkan rajutan baja di dalam dinding ban putus, sehingga dapat mengakibatkan ban pecah secara tiba-tiba.

Demikianlah penyebab ban motor yang dapat meledak secara tiba-tiba. Karena itulah selalu periksa kondisi ban motor kesayangan Anda dan lakukan perawatan roda secara rutin.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *