Kupas Tuntas Word Formation serta Contohnya dalam Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu pasti pernah menemukan materi yang bernama word formation. Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia, word formation mempunyai arti yaitu pembentukan kata. Biasanya, materi ini memang jarang diperkenalkan saat siswa duduk di bangku sekolah. Akan tetapi, materi word formation seringkali dijelaskan ketika kamu sudah duduk di bangku perkuliahan.

Nah, memangnya apa, sih, pengertiannya? Apa saja contoh-contohnya dalam bahasa Inggris. Supaya kamu lebih mengenal word formation, mari kita bahas bersama-sama di dalam artikel ini.

Pengertian Word Formation

Saat belajar bahasa Inggris, mungkin kamu pernah belajar tentang kata imbuhan, yaitu awalan (prefixes) dan akhiran (suffixes). Sejatinya, dua imbuhan tersebut biasanya disisipkan di sebuah kata untuk mengubah arti atau klasifikasinya.

Nah, pengertian word formation yaitu proses pembentukan kata yang diberi awalan prefix dan suffix untuk mengubah makna baru dan klasifikasi kata yang berbeda. Jika di dalam bahasa Indonesia kita sering mengenal imbuhan kata seperti me- -an, dan lain-lain, di dalam bahasa Inggris kita akan menembukan imbuhan kata seperti -ly, -es, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Proses Pembentukan Kata (Word Formation)

Nah, sekarang kita sudah memahami apa itu pengertian dari word formation bahasa Inggris.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai berbagai macam proses pembentukan kata yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris.

Compounding

Proses pembentukan yang satu ini terjadi karena menggabungkan dua kata tanpa menghilangkan huruf yang ada. Jadi, ibaratnya seperti dua kata yang digabung, lalu mempunyai makna sendiri.

Contoh: home sama work jadi home work dan black sama board jadi black board.

Derivation

Derivation merupakan proses pembentukan kata dengan menambahkan affix atau imbuhan pada kata tersebut. Setelah kata diberi imbuhan, otomatis akan berubah juga kelas katanya.

Contoh: Come: datang. Ditambah be- di depan jadi become: menjadi

Inflection

Proses pembentukan kata yang satu ini pasti seringkali kamu jumpai dalam sebuah kalimat. Inflection merupakan proses pembentukan kata dengan menambahkan imbuhan dalam suatu kata, tetapi tidak mengubah kelas kata itu sendiri.

Fungsi dari inflection untuk menambahkan huruf ā€œsā€ dalam bahasa Inggris agar berarti lebih dari satu atau jamak, penanda kata ganti ketiga orang tunggal, penanda waktu lampau, dan lain-lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.