February 21, 2024

Sistem akuntansi menjadi hal penting dalan akuntansi. Tapi sebenarnya apa itu sistem akuntansi? Secara umum sistem akuntansi adalah ikhtisar yang merupakan manual atau komputerisasi berisikan transaksi keuangan untuk tujuan rekaman, lalu untuk mengkategorikan, termasuk  digunakan untuk menganalisis dan juga melaporkan informasi manajemen keuangan secara tepat waktu. Untuk memahami tentang sistem ini, mari langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Sistem Akuntansi dari Para Ahli

Kata akuntansi menjadi salah satu kata yang mungkin sering anda dengar, terlebih lagi jika anda memang sedang mendalami ilmu akuntansi atau menjadi mahasiswa akuntansi. Sistem akuntansi pun menjadi salah satu bagian dari akuntansi yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, lalu untuk kegiatan memproses data menjadi informasi dalam hal pengambilan keputusan, serta dapat dijadikan sebagai kontrol terhadap organisasi atau perusahaan.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian sistem akuntansi, maka berikut ini adalah beberapa pengertiannya atau definisinya menurut para ahli.

Warren, Reeve, Fees menjelaskan jika sistem akuntansi adalah sebuah metode serta prosedur dalam mengumpulkan, lalu melakukan klasifikasi, mengikhtisarkan, dan juga memberikan laporan  seputar informasi kegiatan bisnis dan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Niswonger dan kawan-kawan menjelaskan jika ini adalah sebuah metode dan juga prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan, lalu mengklasifikasi, mengikhtisarkan serta melakukan kegiatan melaporkan infomasi yang berkaitan dengan keuangan dan operasi perusahaan.

Selanjutnya Baridwan menjelaskan jika sistem akuntansi adalah sebuah formulir, catatan, dan juga laporan yang telah dikoordinasikan dengan sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bahan untuk menyediakan informasi yang nantinya akan dibutuhkan oleh manajemen.

Itulah beberapa pengertian dari sistem akuntansi oleh beberapa ahli. Jika anda adalah mahasiswa akuntansi maka memang perlu mengetahui pengertian atau definisi yang dikemukakan oleh para ahli di bidang akuntansi.

Unsur Sistem Akuntansi

Lebih lanjut setelah mengetahui berbagai pengertiannya dari berbagai ahli, maka perlu diketahui juga ada beberapa unsur dari sistem akuntansi. Berikut ini adalah beberapa unsurnya.

  • Formulir menjadi unsur penting sebab formulir adalah dokumen untuk mencatat transaksi, seperti data transaksi untuk pembukuan.
  • Jurnal merupakan pengklasifikasian dan menyimpan data yang didasarkan sesuai kelompoknya. Bentuk jurnal sendiri pun bermacam-macam, ada jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal penjualan, dan sebagainya.
  • Buku besar merupakan sekumpulan rekening yang dapat digunakan untuk meringkas data yang terdapat pada jurnal. Nah, rekening dalam buku besar dapat digunakan untuk menggolongkan berbagai data keuangan dengan terperinci.
  • Buku besar pembantu ini digunakan untuk mengklasifikasikan data atau rekening lebih terperinci sehingga dapat membantu akutan.
  • Laporan merupakan hasil akhir dari sistem akuntansi, laporan ini berupa laporan keuangan seperti laporan laba dan rugi, laporan biaya pemesanan, laporan daftar hutan, dan sebagainya

Manfaat Sistem Akuntansi

Jika anda bertanya seputar manfaatnya, maka berikut ini adalah beberapa manfaat dari sistem akuntansi.

  • Untuk mengumpulkan data dan menyimpan data
  • Sebagai penyedia informasi yang berguna
  • Dapat mendukung kegiatan operasional
  • Mendukung fungsi kepengurusan
  • Lalu dapat melakukan pengendalian internal
  • Bisa untuk menghemat waktu dan biaya
  • Untuk meningkatkan dalam pengolahan manajemen aset inventaris

Itulah beberapa manfaat dari sistem akuntansi yang perlu diketahui.

Penutup

Jadi bagaimana apakah sudah paham dengan sistem akuntansi? Mungkin itu saja penjelasan singkat seputar sistem akuntansi, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jika diperlukan informasi lebih mendalam seputar akuntansi, maka silakan untuk kunjungi GuruAkuntansi.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *