3 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Mudah

Memiliki smartphone dengan kinerja yang lambat pasti sangat mengesalkan. Apalagi jika smartphone mudah sekali mengalami hang dan restart sendiri. Hal tersebut pastinya dapat menghambat aktivitas Anda terutama yang menggunakan perangkat smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat gunakan beberapa cara mempercepat kinerja smartphone berikut ini.

3 Cara Meningkatkan Kecepatan Kinerja Smartphone

1. Update Sistem OS

Salah satu alasan kinerja smartphone menjadi lambat adalah karena OS yang digunakan sudah usang. Untuk itu, Anda dapat melakukan update smartphone ke OS yang terbaru. Cara untuk melakukan update OS tersebut cukup dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih saja check for updates. Apabila terdapat pembaharuan, langsung saja download.

Pada umumnya, update tersebut dapat memperbaiki kinerja dan juga membawa berbagai macam fitur baru. Selain melakukan update pada OS, sebaiknya Anda juga cek untuk update software dan aplikasi HP. Hal tersebut terkadang juga dapat membuat smartphone menjadi lambat kinerjanya. Untuk memperbaharui aplikasi tersebut Anda dapat langsung cek di Play Store saja.

2. Kurangi Shortcut Home Screen

Pada umumnya, bagian home screen smartphone kerap kali dipenuhi dengan shortcut aplikasi. Terkadang, tidak semua shortcut yang ada di home screen tersebut Anda gunakan terlalu sering. Padahal, shortcut yang terlalu banyak juga dapat membuat performa smartphone menjadi menurun. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan shortcut tersebut dan pilih saja yang paling sering digunakan.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Apabila Anda memiliki aplikasi yang jarang digunakan dan tidak terlalu penting, maka lebih baik dimatikan atau dihapus saja. Hal tersebut karena aplikasi yang terlalu banyak tentunya dapat memenuhi dan membebani kinerja smartphone. Untuk itu, apabila smartphone Anda lambat, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah matikan atau hapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan.

Selain ketiga cara mempercepat kinerja smartphone di atas, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan. Anda dapat membersihkan cache smartphone ataupun menurunkan skala animasi lewat mode developer. Apabila kondisi smartphone sudah terlalu parah dan tidak bisa diakali dengan cara-cara tersebut ada baiknya untuk menggantinya dengan HP yang baru saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.