April 25, 2024

Berikut ini merupakan penyebab atau faktor faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit bronkitis. Apapun jenis penyakit yang menyerang anda sebaiknya harus ditangani lebih lanjut agar bisa sembuh dengan segera termasuk dengan penyakit bronkitis.

Dengan mengetahui penyebab penyakit ini maka anda bisa melakukan pencegahan supaya penyakit ini tidak menyerang anda. Berikut ini beberapa penyebab penyakit bronkitis.

Jenis Penyakit Bronkitis Itu

1. Merupakan seseorang yang menjadi perokok berat. Perokok berat inilah yang memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit bronkitis. Tak hanya itu bagi seseorang yang tidak merokok akan tetapi sering terpapar asap rokok maka kemungkinan besar penyakit bronkitis pun bisa menyerang tubuh anda.
2. Adanya refluks lambung atau nyeri pada bagian ulu hati yang terjadi secara terus-menerus sehingga secara tidak langsung akan mengiritasi bagian tenggorokan sehingga kemungkinan besar penyakit bronkitis akan membayangi.
3. Seseorang yang sering terpapar polusi udara yang parah dari lingkungan ataupun tempat bekerja.
4. Adanya infeksi pada saluran napas yang disebabkan oleh bakteri biasanya streptococcus pneumoniae, haemophilus influenzae beserta moraxella catarrhalis.

Pencegahan Penyakit Bronkitis

Berikut ini cara pencegahan yang bisa anda lakukan agar tidak terkena penyakit bronkitis.
1. Anda bisa menghindari kebiasaan merokok atau menjauhi paparan asap rokok dari orang lain.
2. Konsumsilah cairan berupa air mineral 6 hingga 8 gelas perhari. Dengan meminum air yang cukup maka secara tidak langsung akan membantu membuat dahak lebih encer pada saluran bronkus sehingga mudah untuk dikeluarkan.
3. Pilihlah jenis makanan yang memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pastikan makanan yang anda konsumsi seimbang.
4. Sebisa mungkin anda menghindari jenis minuman yang mengandung kafein tinggi dan minuman beralkohol. Karena dua jenis minuman tersebut hanya akan membuat tubuh anda kehilangan cairan lebih banyak.
5. Saat pergi keluar rumah, anda bisa menggunakan masker Jika lingkungan di sekitar anda terdapat banyak polusi udara.