April 24, 2024

Bronkitis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada saluran bronkus di mana ini merupakan saluran pernafasan utama yang mendapatkan aliran udara sebelum diteruskan ke paru-paru. Pada umumnya seseorang yang terkena penyakit ini akan sering mengalami batuk disertai dengan dahak tebal dengan warna kuning kental.

Jenis Pada Penyakit Bronkitis

Bronkus sendiri merupakan cabang tenggorokan yang letaknya berada di dalam paru-paru serta terdiri dari bronkus kanan dan kiri. Semakin banyaknya pencemaran udara yang anda hirup maka penyakit bronkitis ini bisa mengancam tubuh anda. Dalam tingkat penyakit bronkitis yang parah bahkan bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini merupakan alasan Lebih Jauh mengenai penyakit bronkitis dan bagaimana pencegahan yang bisa anda lakukan agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

Jenis Penyakit Bronkitis

Terdapat dua jenis bronkitis yang paling umum berdasarkan lama penyakit tersebut berlangsung yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis.

1. Bronkitis akut sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada saluran bronkus yang biasanya disebabkan oleh infeksi maupun iritasi yang terjadi pada saluran nafas dan biasanya bronkitis akut ini ditandai dengan gejala batuk berdahak maupun tidak berdahak yang bisa berlangsung kurang dari 6 minggu.

2. Sedangkan kronis adalah peradangan yang sudah terjadi cukup lama pada bronkus dan bahkan bisa menyebabkan bronkitis akut berulang akibat seringnya terkena gas beracun secara berkesinambungan dan terus menerus. Umumnya penyakit bronkitis kronis ini ditandai dengan batuk yang berlangsung selama 6 minggu lebih.

Batu yang terjadi dalam kurun waktu lama tersebut telah menyebabkan perubahan yang terjadi pada jaringan paru-paru sehingga biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih lama.